Rabu, 04 Agustus 2010

Aku Adalah Manusia Bodoh.. Jadi Jawablah, "Bagaimana Cara Untuk Memahami Mahluk Dengan Nama Perempuan?"

Untuk mencuri hati seorang wanita, kau hanya perlu tau apa yang akan membuatnya tersenyum. Namun jika berniat menyimpan hasil curian itu lebih lama – atau justru meremukkan dengan segera - cari tau apa yang akan membuatnya menangis. (http://nesia.wordpress.com/2008/09/04/yuk-belajar-memahami-wanita/) 

Sulitnya memahami seorang wanita, ternyata bukan mitos semata. Meski waktu pacaran memang sudah terasa sulitnya, saya pikir setelah menikah lebih mudah memahami wanita. Ternyata, makin sulit! Berdasarkan hasil pengamatan saya, ternyata justru hal-hal kecil dari sisi kehidupan seorang wanita yang paling sulit dipahami. (http://suraja.web.id/manik/personal/sulitnya-memahami-wanita)

Bisakah Anda memahami perempuan? Saya segera melarikan diri jika ada yang menjawab bisa. Bukan karena membingungkan, tapi karena perempuanlah makhluk yang paling ambigu. Kita tidak pernah tahu pentingnya mereka bagi kita sampai kemudian kita kehilangan mereka. Kita tidak akan pernah bisa memahami kenapa mereka bersedia berpakaian seksi, kelayapan di mall, tapi menolak untuk dipelototi. Kita juga tidak pernah bisa memahami kenapa mereka bersedia melakukan operasi pengencangan payudara (artinya payudara mereka selanjutnya terbuat dari plastik atau karet, sama dengan ember) padahal mereka tahu bukan bagian itu yang membuat kita mencintai mereka. (http://www.rileks.com/community/artikelmu/blogger/28863-untuk-para-pria-apakah-anda-bisa-memahami-wanita.html)

Tiga argumen dalam tiga tulisan yang menurut penulis cukup menarik perhatian. Karena cukup agar para lelaki termasuk penulis dapat dikatakan bodoh atau sok tahu dalam hal memahami perasaan perempuan. Namun, kata bodoh tidaklah cukup untuk menciutkan nyali dan penasaran penulis terhadap bagaimana perempuan ingin dipahami. Walau penulis tahu resiko yang harus ditempuh adalah kebiri tanpa ampun oleh para perempuan yang sisi sentimentilnya sedikit disentil.

Lalu mengapa penulis penasaran? Karena jawaban akhir yang akan di dapat penulis yang penasaran ini adalah kembali ke diri kita masing atau rasakan saja perasaan seorang wanita. Tapi, jawaban-jawaban penghabisan seperti itulah yang pada akhirnya mensubjektifkan pilihan-pilihan para laki-laki dalam membahagiakan para perempuan sebagai pasangan, sahabat, atau bahkan terhadap ibu kita sendiri. Pernah penulis bertanya kepada ayah penulis “bagaimana ayah bisa memahami perasaan ibu selama ini?” jawaban yang diterima adalah tawa seakan Ia sendiri tidak pernah memahaminya. Tetap dengan rasa penasaran, kembali penulis menanyakan hal yang sama kepada ibu, dengan harapan seorang ibu adalah perwakilan panutan dari contoh perempuan dimuka bumi ini. Namun jawaban “perempuan itu meng aneh kok…”. Betul-betul jawaban yang cukup menggemaskan dari orang tua yang telah 25 tahun berumah tangga. Sehingga pada akhirnya penulis mencoba memetakan kehidupan penulis dan lingkungan sekitar ini guna tetap mencari jawaban yang melegakan rasa ini.

Para lelaki bodoh seperti penulis percaya bahwa ada dualisme perilaku yang sering ditunjukan perempuan. Kemampuan memanipulasi sistem emosi dan kemampuan menggambarkan simbol serta tanda. Mahluk yang hebat ini entah kenapa memiliki insting alamiah dalam dua kemampuan ini. Mengapa hal itu bisa terjadi? Mari kita lihat satu demi satu.

Kemampuan memanipulasi sitem emosi adalah sebuah keunikan yang tidak ditunjukan mahluk manapun dimuka bumi ini selain perempuan. Sebagai pembanding muncul pertanyaan besar, kapan dan bagaimana perempuan ingin dimengerti? Ambigu ini muncul ketika contohnya para lelaki memuji perempuan. Apa reaksi yang akan di dapat para lelaki “ungkapan gombal!!!”, “tatapan mata yang memanah”, “ekspresi arogan guna menutupi rasa”, atau bahkan “muka tidak peduli tanpa ekspresi”. Memang bukan hal yang aneh bagi pembaca sekalian, namun mengapa mereka tidak memilih berterima kasih menerimanya atau setidaknya menolak dengan halus apabila dianggap tidak layak? Hal ini hanya salah satu contoh kecil dari berbagai ambiguitas di dalam memahami perempuan. Entah karena sinetron, infotainment, dan melodrama korea menjabarkan ambiguitas perilaku perempuan atau sebenarnya realita itu yang ada di dalam hidup kita. Sebagai contoh lain, ada yang mengatakan perempuan adalah mahluk yang senang untuk berkorban, namun untuk apa mereka membicarakan pengorbanan mereka kepada sesama kaum-nya? Bukankah itu artinya lebih senang ditindas karena mereka akhirnya punya bahan pembicaraan tentang penindasan? Karena jawaban “curhat” (curahan hati) sebagai media interaksi pengganti hanya akan menambah pola permasalahan menjadi tiga dimensi dimana semestinya dimensi konfik hanya dipahami oleh pihak yang berkonflik dan jalan rekonsiliasi adalah opsi yang dikemukakan oleh kedua belah pihak yang berkonflik. Mungkin itu yang pada akhirnya membuat para lelaki harus menambah kerja otak mereka dengan juga memasukan dimensi orang ketiga. Dan mungkin juga hal ini yang memunculkan sistem gosip di dalam kehidupan ini. Dan pada akhirnya tetap saja para lelaki menjadi kambing hitam keganasan retorika manipulasi sistem emosi.

Perilaku kedua yang ditunjukan oleh mahluk hebat ini adalah kemampuan menggambarkan simbol dari setiap elemen kehidupan. Sebagai contoh adalah ketika para perempuan merasa marah atau kesal terhadap sesuatu terhadap tindakan lelaki. Ada kalanya ia langsung meledakkan emosinya, namun ada kalanya ia terdiam dengan raut yang bisa disandingkan dengan harimau menerkam. Ada kalanya para perempuan menginginkan dirinya terus-menerus dibujuk agar menceritakan kesedihannya, namun ketika para lelaki mendapati ada kata “tidak ada apa-apa!!!” dan akhirnya mendiamkan karena mendapatkan jawaban tersebut, para perempuan akan menunjukan reaksi sebaliknya dengan mengatakan “dasar mahluk tidak pengertian!!!”. Memaknai simbolisasi seperti ini,  menjadikan para lelaki harus segera berguru kepada paranormal terdekat agar dapat memahami bahasa telepati yang entah kenapa cukup membingungkan. Simbolisasi ini selalu menempatkan pilihan-pilihan yang cukup sulit bagi para lelaki bodoh seperti penulis.

Di dalam dunia maya penulis menemukan ada beberapa pemahaman unik bagaimana kita seharusnya memahami perempuan (apakah hal ini bisa kita percaya?). Hal itu antara lain:
  1. Bila sorang perempuan mengatakan dia sedang bersedih, tetapi dia tidak menitiskan airmata, itu bermakna dia sedang menangis di dalam hatinya.
  2. Bila dia tidak menghiraukan kamu selepas kamu menyakiti hatinya, lebih baik kamu beri dia waktu untuk menenangkan hatinya semula sebelum kamu menegur dengan ucapan maaf.
  3. Perempuan sukar mencari sesuatu yang dia benci tentang orang yang paling dia sayang. (itu sebabnya patah hati atau sakit hati menjadi hak paten wanita)
  4. Bila pertama kali lelaki yang dicintainya memberikan respon positif, misalnya menghubunginya melalui telepon, si gadis akan bersikap acuh tak acuh seolah-olah tidak berminat, namun ketika telepon dimatikan, dia akan menjerit kegirangan dan tidak sampai sepuluh minit, semua temannya akan tahu berita tersebut. 
  5.  Sekiranya sorang perempuan jatuh cinta dengan sorang lelaki, lelaki itu akan sentiasa ada dipikirannya walaupun ketika dia sedang keluar dengan lelaki lain.
  6. Bila lelaki yang dia suka dan cinta menatap tajam ke dalam matanya, dia akan cair seperti coklat!!
  7. Perempuan memang suka pujian tetapi tidak tahu bagaimana menerima pujian.
  8. Jika kamu tidak suka dengan gadis yang suka atau mungkin separuh mati, tolak cintanya dengan lembut, sebab ada satu semangat dalam diri wanita yang kamu tidak akan tahu bila dia  telah membuat keputusan, dia akan lakukan apa saja.
  9. Jika seorang perempuan menjauhi kamu setelah kamu tolak cintanya, biarkan dia untuk sesaat. Sekiranya kamu masih ingin menganggap dia sebagai teman, cobalah tegur dia perlahan-lahan
  10. Perempuan suka meluahkan apa yang mereka rasakan. Muzik, puisi, lukisan dan tulisan adalah cara termudah mereka meluapkan isi hati mereka.
  11. Bersikap terlalu serius, sama dengan mematikan mood perempuan.
  12. Secercah senyuman memberikan banyak arti bagi perempuan, jadi jangan senyum sembarangan.
  13. Jika seorang perempuan memberi seribu satu alasan setiap kali kamu ajak keluar, tinggalkan dia sebab dia memang tak berminat denganmu.
  14. Tetapi jika dalam masa yang sama dia menghubungimu atau menunggu panggilan darimu, teruskan usahamu untuk memikatnya.
  15. Teman baiknya yang tahu apa yang sedang dia rasa dan lalui.
  16. Senjata perempuan adalah air mata.
Sehingga ada sebuah pesan yang unik menurut Mohd. Ismail dalam www.mohdismail.net, “Lelaki-lelaki sekalian, aku ingin beritahu satu rahsia besar dalam konteks pemahaman seorang wanita. Wanita tidak tahu & tidak faham akan diri mereka sendiri. Kebanyakan dari mereka tidak tahu apa yang mereka mahu sebenarnya. Dan, disinilah sebabnya Tuhan menjadi Adam terlebih dahulu supaya kita boleh wujudkan apa yang mereka mahu & apa yang mereka perlu.” Argumen yang menarik, namun bagaimana kita bisa tahu kalau kita sendiri disibukkan oleh berbagai ambiguitas yang ditebarkan perempuan. Apakah sebagai lelaki para lelaki bodoh harus mengikhlaskan biar yang terjadi, terjadilah? Apa kami harus tetap menjadi orang bodoh? Atau ini memang cara berjalannya hidup laki-laki dan perempuan. Karena walau ada contoh dari Rasulullah SAW, penulis tidak akan bisa sesempurna beliau dan lagi wanita yang dihadapi pun bukan wanita-wanita yang luar biasa layaknya istri-istri beliau. Mungkin ini yang pada akhirnya membuat seribu satu pertanyaan tidak akan pernah terjawab sampai akhir. Atau memang memahami perempuan adalah jawaban yang tidak diperlukan.

2 komentar:

  1. Saya rasa laki-lakilah yang membuat kami terkesan sulit dimengerti. Kami sederhana saja. Yang perlu kalian lakukan adalah bersifat terbuka dan melihat ke dalam hati kalian. Jangan membelakangi kami.

    BalasHapus
  2. terima Kasih buat komentarnya :)
    Tulisan ini ada karena banyak laki-laki temasuk saya menyerah (apa mungkin cuma saya saja yah..hmm..) dengan cara berpikirnya yang imajiner serta bagaimana para mahluk hebat yang bernama wanita ini merasakan bahkan menutupi perasaan yang dialaminya.

    Mungkin ini juga sebuah usaha perwakilan dari kaum laki2 untuk menghilangkan kultus buaya darat, enggak pengertian, atau lain2...

    BalasHapus