Senin, 27 Desember 2010

Guna Rencana Dalam Hidup Kita


Apa manfaat dari belajar cara menetapkan tujuan dengan 'benar'? Dan apa tujuan hidup yang terbaik bagi Anda? Anda juga mungkin bertanya-tanya apakah itu sebenarnya layak untuk diperjuangkan? Apakah Anda melihat sebuah peningkatan yang substansial dalam hidup Anda dengan menetapkan dan mencapai tujuan? Apakah Anda lebih bahagia?

Belajar bagaimana menentukan tujuan dengan benar sangat bermanfaat. Benar bahwa menetapkan dan mencapai tujuan jauh lebih penting dari sekedar berdetak dari point-point mati atau Wish List. Sehingga Anda mengerti apa yang dapat benar-benar mengubah kehidupan Anda.

Anda dapat dengan mudah mempelajari cara menetapkan tujuan dalam keseharian hidup Anda... Menetapkan jalan yang pasti ke depan hanya dengan menciptakan Rencana Hidup...Bagi penulis hal ini hanya dengan menggabungkan 3 Prinsip Kebahagiaan ke dalam setiap aspek kehidupan Anda.

Dan, jangan pernah berpikir bahwa membuat rencana hidup akan membuat hidup terbatasi, terikat atau kurang spontanitas. Sebuah rencana hidup benar-benar memberikan kita sebuah kehidupan ... banyak dan lebih banyak -, lebih dari kebahagiaan, lebih banyak dari uang dan untuk kebahagiaan bagi orang yang kita cintai. Kebebasan memang relatif lebih mudah untuk dijalani dalam kehidupan, namun bagi yang menganggap hidup adalah sesuatu yang penting bagi orang-orang yang dicintainya, Anda akan selalu belajar cara menentukan sasaran dengan membuat Rencana Hidup yang dirancang hanya untuk ANDA!


Think 100 times before you take a decision, But once that decision is taken, stand by it as one man.
Muhammad Ali Jinnah

Hasil lain monumental yang terjadi ketika kita belajar bagaimana menentukan tujuan dengan benar, adalah bahwa banyak dari kita menginginkan semua masalah 'menghilang' begitu saja. (You'll believe it when it happens to you!) Dr Martin Seligman , Profesor Psikologi di University of Pennsylvania, pendiri Psikologi Positif, menyatakan "Saya terbiasa berpikir bahwa yang harus dilakukan untuk mendapatkan orang yang bahagia adalah menyingkirkan semua hal negatif dalam kehidupan mereka, namun, jika itu yang Anda lakukan, Anda tidak mendapatkan orang bahagia, Anda hanya akan mendapatkan orang yang kosong.. Anda memerlukan nilai positif dalam hidup Anda juga".

Ada tiga unsur dasar yang patut disertakan saat menetapkan dan mencapai tujuan. Saksama kita mempertimbangkan tiga langkah ini dan kemudian menggunakannya ketika membuat rencana hidup. Terapkan dan saksikan sendiri perubahannya....

Langkah 1: TAHU SIAPA ANDA

Pertama, Anda harus belajar tentang diri Anda. Anda mungkin berpikir bahwa jelas dan sangat mendasar, tetapi kenyataannya adalah bahwa banyak dari kita tidak benar-benar tahu apa yang kita inginkan, atau apa yang akan membuat kita bahagia.. Bagi banyak orang, jika mereka diperlakukan teman-teman mereka seperti mereka memperlakukan diri mereka sendiri, mereka jelas tidak akan bergaul!

Jika kita mulai dengan menyelidiki diri kita sendiri (yaitu apa yang ada dalam hati kita), dan belajar bagaimana memelihara diri sebagai prioritas nomor satu, kita menjadi jauh lebih efektif, menarik, dan dicintai orang. Selain itu, akan muncul perasaan jauh lebih terpenuhi, bahagia, bersemangat, dan penuh cinta. Oleh karena itu kita merasa bahagia, dan orang-orang di sekitar kita juga merasa senang karena dari kita.. Tetapkan: "ini demi Aku dan orang-orang yang kita cintai" hal ini penting bagi kita untuk belajar bagaimana menetapkan tujuan dengan lebih tepat. Dengan juga 'menjaga diri', Anda akan berada di kesiapan fisik, emosional dan spiritual terbaik, sehingga Anda dapat berkontribusi pada kehidupan orang lain dengan seluruh kemampuan yang Anda miliki. Tentu saja Anda juga akan sangat termotivasi dan produktif karena Anda berbuat demi orang-orang yang Anda sayangi.

Langkah 2: TAHU APA YANG BENAR-BENAR ANDA INGINKAN, DAN MENGAPA


Langkah penting kedua untuk belajar cara menetapkan tujuan yang benar adalah untuk mengidentifikasi apa yang SUNGGUH membuat Anda bahagia - dari hati Anda, bukan kepala Anda. Dengan jelas mengidentifikasi hal-hal yang memberikan semburat kegembiraan - yang membuat Anda merasa hidup, atau hanya konten - dimana Anda menghabiskan banyak waktu hidup Anda.

Kebanyakan orang mendambakan untuk hidup senang hidup dan sukses, namun kebanyakan orang bahkan tidak tahu apa yang mereka BENAR-BENAR menginginkan kebahagiaan. Mereka juga tidak benar-benar tahu apa yang akan membuat mereka merasa sukses.

Sehingga setelah Anda memulai tujuan yang 'tepat' untuk Anda, kehidupan Anda tidak akan pernah kosong atau membosankan lagi!


"Langkah pertama yang sangat diperlukan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan adalah: memutuskan apa yang Anda inginkan ".
Ben Stein

Langkah 3: TAHU BAGAIMANA ANDA AKAN MENDAPATKAN KEBAHAGIAAN

Ah, sekarang saatnya untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan! Ini adalah Langkah ketiga, yang kebanyakan orang salah menempatkannya pada urutan pertama. Sehingga sering kali kebingungan melanda diri mereka.

Sebagian besar dari kita sudah menetapkan tujuan hidup (mungkin lagi dan lagi), dan bahkan menciptakan Rencana Hidup, tetapi jika mereka tidak dilakukan dengan benar, penulis melihatnya sebagai kemungkinan yang memiliki potensi kegagalan terbesar dalam upaya kita mencapai kebahagiaan.Mendapatkan apa yang kita inginkan sebenarnya bukan yang sulit. Tentu saja semakin besar keinginan Anda, maka dibutuhkan dedikasi dan upaya lebih memakan waktu, namun, disanalah seni dari kehidupan. Kita berusaha dan berdoa agar meraih semua kebahagiaan.

Jujur penulis sendiri masih banyak bertanya bagaimana bentuk kebahagiaan ideal yang paling diinginkan penulis sendiri. Namun, penulis tidak akan berhenti berusaha, dimana hal yang dapat penulis lakukan adalah menciptakan kebahagiaan itu sendiri.. versi penulis.. dan bukan versi sinetron.. versi film romantis.. atau bahkan versi para motivator... penulis menginginkan kebahagiaan versi penulis sehingga tidak akan ada penyesalan-penyesalan yang pada akhirnya malah membebani kehidupan orang-orang penulis sayangi...
semoga sedikit cara yang sok tahu ini dapat berguna :)

Best Regards
Yudha Adri Baskara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar