Kamis, 21 Oktober 2010

Prokrastinasi (Oleh: Hotim....)

Ini adalah sebuah tulisan menarik dari seorang wanita bernama Hotim (saya lupa nama belakangnya :p) yang merasa bahwa ia terinspirasi dari tugas-tugas kuliahnya. Sebuah tulisan yang santai dan menjelaskan menganai sebuah hal kecil dalam hidup kita dan hal ini disebut dengan  prokrastinasi. Saya suka dengan cara jujur dia menyampaikan pesannya.. jadi tanpa berpanjang lebar... Semoga bermanfaat...

 ________________________________________________________ ^_^



Tiba2 pengen nulis,,,,mmmmm,,WHAT IS PROKRASTINASI ???? mungkin sbgian xan ada yg blom tau niee,,
Prokrastinasi adalah sebuah istilah yang menggambarkan orang menunda-nunda sebuah pekerjaan.  Banyak mikir tapi no action. Menurut riset, prokrastinasi ini disebabkan kurangnya kepercayaan diri dalam menghadapi masalah. Nah ada juga ni yang mengatakan bhw prokrastinasi itu sebenarnya proses membuat software dalam otak kita.

hmmm.. kayaknya prokrastinasi ini memang udah jadi penyakit turun temurun sejak jaman nenek moyang qt. Teman2 jga mungkin banyak yang ngerasa sbgai anggota prokrastinator. Hehheheeeee:-)
 Namun, setelah bberapa hari ini aku merenung, ternyata aku pun prokrastinoator (pelaku prokrastinasi) dalam beberapa kondisi. Mungkin ketika pekerjaan yang aku lakukan kurang menarik, atau aku membuat kesalahan besar, ketika tidak percaya diri, dan ketika tugas yang ada overload..bingung cari bahan,,,,,

Mungkin bgi teman2 yg sudah kerja,,,klo lgi dpt kerjaan dikit sering ntar jah dech kan gampang,,,so nyepelein dech,,,tpi klo kerjaanx byk,,numpuk,,,mulai dech kebingungan apa dlu yg mau dikerjakan,akhirnya leyeh2,,merenung dlu,kebnyakan merenung g kerja2.

padahal kan menunda2 tuh bikin otak qt lelah looooh,,karena hnya berfikir dan berfikir apa yg hrus dikerjakan,,,,,Kan kerjaan ato tugas tuh harusny dikerjakan dikit demi sedikit pasti bias nemuin titik terang..

Nah, bagaimana ilmu psikologi memandang perilaku prokrastinasi dan bagaimana memodifikasi perilaku ini? Silakan teman-teman klo ingin menanggapi dan kasih ide,,,monggo…..
Aku pernah ngebaca,,,ada teman kita tuh membuat main map tentang cita-citanya. 
  1. caranya adalah merancang tujuan cita2 sendiri yang bercirikan SMART (specific, measurable, achieveble, rasional, timeble).
  2. merencanakan bagaimana cara dan waktu terbaik untuk belajar/kerja.
  3. tetep menjaga motivasi
  4. fokus pada perhatian dan tugas2 belajar/krja yang terkait dengan tujuan.
  5. menggunakan strategi belajar yang tepat sesuai dengan kita.
  6. memonitor kemajuan.
  7. mengevaluasi hasil akhir.
Ada juga nih yg bilang,,yg terpenting buat permasalahan ini adalah NIAT dari masing2 individu. kalo uda merancang berbagai jenis tindakan tapi tidak ada niatan..hhmmmm….sama saja, betul nggak??
oiaaaaa,,,, ada baiknya ketika kita pengen memperbaiki tingkah prokrastinasi, ajaklah orang terdekat yang b’tugas untuk mengingatkan.
Missalnya ni,,: ada teman yang selalu bantu ngingetin tugas ato kita saling kontak2 via sms buat saling mengingatkan,,mungkin ni bisa berhasil….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar